Rabu, 08 Maret 2017

TIPS HIDUP SEHAT BAGI PELAJAR


  8 Tips Gaya Hidup Sehat Bagi pelajar

1. Olahraga
Sering kali olahraga merupakan kegiatan yang dilupakan, padahal dengan olahraga dapat melancarkan peredaran darah dan menghindarkan tubuh dari serangan ke berbagai penyakit. Sempatkanlah olahraga ringan minimal jalan kaki 2-3 jam di pagi hari karena dengan olahraga ringan tersebut sudah cukup menghindarkan tubuh dari penyakit jantung, stroke, diabetes dan osteoporosis.

2. Makanlah Sayuran
Sayuran mengandung antioksidan yang wajib dikonsumsi, kebanyakan mahasiswa terutama yang ngekost selalu mengkonsumsi makanan yang serba instan seperti mie, namun banyak yang belum mengerti bahaya apa yang mengitari dari makanan tersebut. Jika dikonsumsi lama akan menyebabkan resiko ginjal, rusaknya sistem pencernaan dikarenakan zat kimia lilin pada mie.

3. Hindarkan Diri Dari Kebiasaan Merokok Aktif Dan Pasif
Dalam dunia mahasiswa terutama pada kaum laki-laki yang ngekost memiliki kebiasaan buruk yaitu merokok, mereka selalu mengganggap merokok itu boleh asal sewajarnya. Dalam penelitian 1 batang rokok mengandung 600 lebih zat kimia, namun dalam penelitian selanjutnya resiko perokok pasif memiliki dampak 3x dibanding perokok aktif, hal ini dikarenakan asap yang dikeluarkan oleh perokok aktif mengandung sisa pembakaran tembakau serta ditambah pula berbagai penyakit yang telah masuk ke dalam ke dalam paru-paru perokok aktif yang dapat menyebabkan menularkan penyakit melalui udara. Baca selengkapnya bahaya asap rokok bagi kesehatan.

4. Perbanyak Minum Air Putih
Pola gaya hidup sehat bagi mahasiswa yang paling dilupakan adalah minum air putih, apakah anda tau penyebab faktor terbesar rusaknya ginjal yang kedua? Penyebabnya adalah kurang minum air putih dan penyebab pertama adalah sering meminum zat kimia berbahaya seperti minuman energi, alkohol dan minuman bersoda yang sering memacu keras kinerja ginjal.
Mengapa harus minum air putih? Meski anda mengkonsumsi makanan sehat sekalipun tanpa dibarengi minum air putih dapat menyebabkan sulitnya pembuangan toksin (racun) yang dihasilkan tubuh. Kekurangan minum air putih menyebabkan terhimpitnya toksin pada saluran ureter ke ginjal, jika mengeras dapat menyebabkan batu kristal atau biasa disebut dengan batu ginjal. Disarankan minumlah 2-3 liter perhari. Baca selengkapnya 20 manfaat minum air putih setiap hari

5. Tidurlah Yang Cukup
Mayoritas tidur mahasiswa laki-laki tidur diatas pukul 00.00 berbagai alasan seperti banyak tugas, bermain game dan hanya sekedar mendengarkan lagu-lagu sambil browsing. Mereka menggangap sudah tidak memungkinkan tidur seperti pada zamannya SMP, SMA sederajat, meski sudah mencoba tidur pukul 21.00 dan mata pun tidak mengantuk. Lantas apa penyebabnya? Kembali lagi kebiasaan pola gaya hidup sehat faktornya, seperti orang yang merokok dan mesugesti untuk berhenti, hal itu sangat mustahil karena si perokok tersebut memiliki kebiasaan. Bagaimana cara menyikapinya? Tentu harus dimulai pelan-pelan, tidurlah 1 jam sebelum anda tidur seperti biasanya contoh biasa tidur pukul 01.00 maka anda mulai membiasakan tidur pukul 00.00.

6. Selalu Membersihkan Kamar
90 persen kaum mahasiswa laki-laki memiliki kamar yang kumuh berantakan ditambah lagi pada yang ngontrak. Berbeda dengan kaum perempuan yang selalu rutin membersihkan kamarnya. Padahal dengan kamar yang kumuh menyebabkan kuman menghinggap di tembok, kasur, bantal dan guling, yang tanpa anda sadari kalian hirup terus menerus.

7. Hindari Pergaulan Pada Mahasiswa Yang Terlalu Dewasa
Bergaul pada siapa saja memang boleh, namun ingat pergaulan dapat mempengaruhi kesehatan, bagaimana bisa? Teman yang dewasa++ pasti memiliki kebiasaan party, jika anda tidak membentengi diri, kemungkinan besar anda akan ikut-ikutan dan akhirnya anda diajak minum secangkir alkohol, merokok, berfoya-foya dan pada akhirnya prestasi belajar anda akan terganggu dan selalu ketagihan terhadap kegiatan party tersebut.

8. Selingkan Waktu Untuk Mengasah Kemampuan Anda
Ilmu kuliah yang anda tempuh itu NOL alias tidak bermanfaat sama sekali, saya mengatakan itu karena saya mengalaminya. Ilmu yang bermanfaat adalah ‘ilmu yang bisa anda terapkan dan dapat menghidupi anda’. Sebelum terlambat luangkanlah waktu 1 jam saja untuk mengasah bakat khusus untuk kelak usai sarjana, contoh anda suka membuat 3D, program (coding), music dan sebagainya yang nanti sangat bermanfaat untuk melamar di perusahaan maupun di dunia pendidikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar